Perangkat Output Device Dan Input Device




Perangkat Output Device Dan Input Device - Halo teman-teman jumpa lagi dengan saya ryan putra anugrah yang kali ini membahas tentang perangkat output device dan perangkat input device yang digunakan untuk keperluan dalam melengkapi kegiatan kita di komputer sehari-hari.






Pengertian Input Device


Output Device adalah sebuah perangkat-perangkat komputer yang berguna untuk memasukkan data-data yang diperlukan dalam aktivitas sehari-hari di komputer, seperti mengetik, memindahkan file, dan sebagainya

Perangkat Pada Input Device


- Keyboard

Keyboard adalah alat yang berfungsi untuk mengetikkan sesuatu kedalam komputer, sistem kerjanya adalah saat kita mengetik maka data-data yang sudah kita ketik tersebut serpeti huruf A, atau B akan masuk kedalam sistem kerja komputer untuk ditampilkan di monitor, karena itulah perangkat ini disebut sebagai perangkat input device.


- Mouse

Perangkat yang sering digunakan untuk mengklak-klik sesuatu yang ingin kita pilih di komputer ini, merupakan salah satu perangkat input device yang digunakan banyak orang setelah tampilan komputer generasi terdahulu yang masih menggunakan sistem berbasis teks.


- FlashDisk

Meskipun bukan sepenuhnya perangkat komputer karena alat ini hanya digunakan untuk memasukkan dan memindahkan file dari data ke data lainnya. Namun dengan sistem kerjanya yang memasuk dan memindahkan data maka perangkat ini menjadi salah satu perangkat input device.


- Scanner

Alat ini berfungsi sebagai pemindah gambar atau foto menjadi digital, contohnya saja kamu masukkan foto kamu yang berbentuk padat atau foto yang bisa dipegang kedalam scanner, maka alat tersebut akan mengscan dan membuatnya menjadi digital seperti foto di komputer.


- Joystick

Jika kamu seorang gamers sejati, maka mungkin alat ini sudah tidak asing bagi kamu. Alat ini digunakan untuk bermain game didalam komputer.


- Touch Pad

Alat alternatif selain menggunakan mouse ini adalah termasuk salah satu perangkat input device, sifatnya yang menyatu dengan laptop, sehingga mudah dalam penggunaannya.


- Track Ball

Mouse yang cara menggunakannya berbeda dengan mouse biasanya, mouse ini memiliki bola dan dengan bola itulah kita menggerak panah mouse yang ada dimonitor komputer atau laptop kita.


- Light Pen

Berbeda seperti pulpen, atau pensil pada umumnya yang hanya bisa menulis dikertas, light pen dapat digunakan untuk menulis ataupun menggambar didalam komputer, dan umumnya alat ini digunakan untuk keperluan menggambar.



Pengertian Output Device


Seperti kebalikan dari input device, output device merupakan perangkat-perangkat komputer yang digunakan untuk mengeluarkan data dari komputer.


Perangkat Output Device



- Printer

Dizaman yang sekarang ini, siapa yang tidak kenal dengan yang namanya printer ?
 printer sering digunakan untuk melakukan percetakan sebuah data yang berbentuk teks atau gambar dan dicetak dalam bentuk kertas atau kertas foto, alat ini termasuk output device karena sifatnya yang mengeluarkan data.


- Plotter

Berbeda dengan printer, plotter berfungsi sebagai alat pencetak juga, namun dengan skala yang lebih besar atau mencetak sebuah data yang besar.


- Monitor

perangkat komputer yang satu ini berfungsi untuk menampilkan atau mengeluarkan tampilan dari data yang sudah diolah dan diproses dari dalam komputer sehingga munculnya tampilannya di monitor komputer atau laptop kita.


- LCD

Perangkat yang sering dipakai untuk presentasi atau pun pembelajaran ini termasuk kedalam alat output device, karena alat ini menampilkan semacam cahaya yang apabila cahaya itu diarahkan ke tembok maka akan menampilkan tampilan yang sama persis seperti yang ada di komputer kamu, yang kamu pasangkan alat tersebut.

- Speaker

Sering digunakan untuk membersarkan suara-suara seperti dari lagu, dan hal lainnya. Alat ini menjadi salah satu perangkat output device karena digunakan untuk mengeluarkan suara dari dalam ke luar.


Itulah Perangkat output Dan Input Device, jika adanya kekurangan mohon dimaafkan, karena pada dasarnya kita manusia masih harus banyak belajar, maka dari itu marilah kita belajar bersama-sama dalam blog saya ini.



No comments:

Post a Comment