Jenis Jenis Virus Yang Ada Di Dalam Komputer

Jenis Jenis Virus Yang Ada Di Dalam Komputer

Jenis-jenis virus komputer didalam komputer - Halo teman-teman jumpa lagi dengan saya, kali ini saya akan membahas tentang apa saja jenis jenis virus yang ada didalam komputer yang tentunya kita pernah merasakan betapa jengkelnya jika sebuah virus menganggu komputer atau laptop kita.







Jenis Jenis Virus Komputer



- Worm 

Virus komputer yang satu ini, sering muncul melalui jaringan internet seperti situs tempat download game dan sebagainya, yang paling berbahaya dari virus ini adalah dapat melipat gandakan dirinya dalam tempo waktu yang sangat cepat.

Biasanya virus ini menyerang bagian hardisk atau memory, dan membuat memory serta hardisk yang direngnya menjadi penuh meskipun file yang ada didalamnya sangatlah sedikit.


- Memory Resident Virus

Penyerangan yang dilakukan oleh virus ini adalah memory RAM, yang pada dasarnya RAM berfungsi untuk sebagai media penyimpanan yang sementara untuk membantu kinerja processor ini akan diganggu atau diserang oelh virus ini, sehingga kadang loading pada komputer atau laptop kita menjadi lembat.


- Direct Action Virus

Virus komputer yang ditugaskan untuk melakukan penyerangan pada file-file yang berjenis autocex bat. dan sering menyerang perangkat perangkat komputer yang berjenis eksternal seperti, hardisk eksternal dan flashdisk biasanya virus ini menyerang bagian file berjenis autocex dalam perangkat-perangkat tersebut


- Overwrite Virus

Virus yang memiliki kemampuan untuk menginfeksi atau menghapus file yang ada didalam komputer, dengan tidak mempengaruhi ukuran kapasitas file, karena biasanya virus akan menginfeksi dan membuat ukurannya berbeda dari sebelumnya, dan akan sangat sulit dalam mendeteksi virus ini. 


- Boot Sector Virus

Seperti nama virus tersebut, virus ini akan menyerang bagian sektor boot yaitu bagian file yang berada pada floppy disk kamu, sehingga membuat virus tersebut bisa berpindah-pindah dan mengganggu sistem kinerja komputer.


- Macro Virus

Jaringan internet seperti email yang memiliki beberapa dokumen atau file yang berjenis macro, akan menjadi target bagi virus yang satu ini, karena virus ini menyerang bagian-bagian tersebut.

Untuk itu, pastikan kamu tidak menerima menggunakan jaringan internet sembarangan karena, banyak orang yang senang mengerjai orang lain dengan berbagai virus yang dia sebarkan dari internet


- Directory Virus

Virus ini merupakan virus yang sangat merepotkan, dengan melakukan penyerangan pada file yang berjenis ekstensi, serta cara mengatasinya hanya dengan menginstal ulang program sistem operasi kamu.


- Polymorpic Virus

Memiliki sistem yang licik yaitu dapat menggontak-ganti sistemnya yang biasanya untuk mendeteksi virus tersebut, sehingga membuat virus tersebut sudah untuk dideteksi dan di tangkap.


- Companion Virus

Virus komputer yang satu ini memiliki kemampuan menyamar dalam menginfeksi file dengan membuat file yang berbeda-beda, sehingga sistem antivirus menjadi sulit mencari dan mendeteksinya, karena kelihaiannya dalam menyamar tersebut.


- FAT Virus

Hampir sama seperti virus pada umumnya yang menyerang file pribadi sang pemilik, FAT virus mampun menyembunyikan file, sehingga kita akan kebingungan saat file yang kita ingin buka tiba-tiba menghilang seketika.



Inspirasi Dari :

- www.indraservicelaptop.com

No comments:

Post a Comment