Pengertian Perangkat Komputer Lengkap

Pengertian Perangkat Komputer Lengkap
Pengertian Perangkat Komputer Lengkap - Sebuah perangkat komputer biasanya identik dengan perangkat keras ( hardware ) dan perangkat lunak ( software ) yang sering digunakan untuk melengkapi kinerja komputer dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari.










Pengertian Perangkat Komputer Lengkap


Perangkat komputer adalah sebuah komponen-komponen yang ada pada komputer yang memiliki dua jenis perangkat yaitu perangkat lunak dan perangkat keras, yang dimana komponen tersebut sudah sering dilihat sehari-hari.


Perangkat Keras (Hardware)


Perangkat komputer yang pertama adalah hardware atau perangkat keras, yaitu sebuah komponen-komponen komputer yang wujudnya dapat dirasakan atau dipegang. Ada beberapa macam golongan yang ada di perangkat keras hardware pada komputer yaitu :

Perangkat output (keluar)


yaitu sebuah perangkat yang memproses dan mengirim sebuah data dari data dalam lalu keluar, perangkat komputer semacam ini sering kita lihat sehari-hari, inilah beberapa perangkat keras output atau keluaran diantaranya :



Pengertian Perangkat Komputer Lengkap


Speaker


Salah satu perangkat komputer output selanjutnya adalah speaker, yang fungsinya untuk mengeluarkan sebua suara yang berada dari dalam komputer kita seperti suara lagu, film, dan hal-hal lain yang memiliki sebuah suara.


Pengertian Perangkat Komputer Lengkap


Printer


Sepertinya untuk perangkat komputer yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga kamu, karena bahkan anak smp saja sudah ada tugas sekolah yang mengharuskandi print, saya saja sering kerepotan jika adek saya ada tugas dari sekolah, karena adek saya tidak mengerti ke warnet dan ngeprint, akhirnya sayalah yang turun tangan untuk membantunya (sebenarnya kesal juga sih).

Perangkat komputer printer, adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk mencetak suatu file seperti tulisan maupun gambar bahkan foto ke luar dari file digital komputer, seperti contoh file word di komputer di print menjadi file word berwujud yang bisa dipegang.



Pengertian Perangkat Komputer Lengkap


Modem 


Berbeda dengan flashdisk, modem ini fungsi dasarnya sebenarnya adalah untuk memancar sinyal jaringan koneksi agar laptop atau komputer kita memiliki koneksi internet yang bisa digunakan untuk menjelajahi dunia internet seperti sekarang yang kamu lakukan ini.


Pengertian Perangkat Komputer Lengkap


Monitor


Perangkat kumpoter selanjutnya adalah monitor, merupakan komponen utama sebuah komputer agar manusia dapat melihat hasil yang ditampilkan dari sebuah komputer tersebut misalnya saja contohnya menampilkan data file word atau excel, yang pada dasarnya data-data tersebut berasal dari dalam dan dikeluarkan atau ditampilkan menuju monitor tadi.


Pengertian Perangkat Komputer Lengkap


Heatsink Fun


Sebuah perangkat komputer yang sering digunakan untuk membantu mendinginkan processor ini merupakan salah satu perangkat keras output, karena fungsi dari heatsink fun itu sendiri, adalah terletak pada salah satu komponennya yang berbentuk seperti kipas angin yang fungsinya untuk mengipas processor yang sedang bekerja.


Pengertian Perangkat Komputer Lengkap


VGA Card


Perangkat komputer ini sangat penting, karena tanpa sebuah VGA Card maka tampilan resolusi yang terdapat pada monitor tidak akan terlihat jernih karena grafiknya yang kurang baik, selain itu vga car juga berfungsi untuk mengoptimalkan tampilan grafik saat bermain game, terutama game-game yang berat dan besar.


Pengertian Perangkat Komputer Lengkap


Projector LCD


Projector LCD merupakan perangkat komputer yang sering digunakan untuk menampilkan sebuah film lewat laptop atau komputer, atau juga bisa digunakan untuk menapilkan sebuah presentasi melalui power point misalnya,  yang pada intinya fungsi dari perangkat ini untuk menampilkan keluar apa yang ada di monitor laptop atau komputer agar bisa dilihat semua orang.



Perangkat Input (Masukan)


Perangkat komputer Input atau perangkat masukan, adalah perangkat yang berfungsi untuk memasukkan semua data-data yang dihasilkan dari luar lalu masuk kedalam sebuah komputer untuk diproses. Perangkat keras komputer input ada beberapa macam, berikut perangkat input pada komputer antara lain :


Pengertian Perangkat Komputer Lengkap


Keyboard


Perangkat komputer input yang pertama saya sebutkan adalah perangkat keyboard, yang dimana fungsinya adalah untuk menginput atau memasukkan data-data yang sudah diketik dari keyboard lalu ditampilkan ke sebuah monitor di komputer atau laptop.


Pengertian Perangkat Komputer Lengkap


Mouse 


Sebuah perangkat komputer yang sering digunakan untuk memilah dan memilih apa yang ingin dipilih dengan cara mengklik objek yang dipilih, perangkat ini memasukkan data perintah yang sudah di klik kedalam sebuah komputer untuk diproses lebih lanjut. 


Pengertian Perangkat Komputer Lengkap


Scanner


Yaitu sebuah alat yang digunakan untuk mencetak foto atau gambar yang bentuknya nyata, menjadi benda digital dan dimasukkan kedalam sebuah komputer.


Pengertian Perangkat Komputer Lengkap


Trackball


Fungsi perangkat komputer ini hampir sama dengan mouse, yang membedakan hanyalah caranya dalam mengarahkan kursor panah di monitor komputer, jika mouse mengarahkan kursor panah dengan menggerakan tangan mereka, lain halnya dengan trackball yang digunakan hanya dengan menggerakkan bola yang ada di perangkat trackball tersebut untuk mengarahkannya.


Pengertian Perangkat Komputer Lengkap


CD/DVD ROM


Kita sering menggunakan perangkat komputer yang satu ini untuk keperluan penting, contohnya saja untuk keperluan menginstal ulang windows 7 di komputer, yang dimana hal tersebut memerlukan sebuah cd/dvd rom untuk memasukkan kaset cd atau dvd kedalam sebuah komputer untuk memproses penginstalan tersebut, meskipun kita sebenarnya bisa menginstal dengan sebuah perangkat flashdisk yang akan saya bahas sebentar lagi ini.


Pengertian Perangkat Komputer Lengkap


Flashdisk


Salah satu perangkat komputer input ini sebenarnya, sering digunakan untuk mengirim dan menerima data dari luar lalu dimasukkan data tersebut kedalam komputer kita, seperti mengirim sebuah game yang berasal dari komputer teman atau seperti yang saya jelaskan sebelumnya yaitu bisa digunakan untuk menginstal ulang sistem operasi melalui flashdisk.


Pengertian Perangkat Komputer Lengkap


Touchpad


Sebuah perangkat komputer yang selalu ada menemani sebuah laptop ini sama pentingnya seperti perangkat mouse yang fungsinya adalah sebagai pemilih perintah yang diputuskan oleh user lalu memasukkan kedalam pemrosesan komputer untuk diproses.


Pengertian Perangkat Komputer Lengkap


Webcam


Sebuah perangkat komputer yang digunakan untuk memasukkan rekaman yang direkam di lingkungan luar komputer seperti di lingkungan sekolah, lalu data rekamannya di sambungkan atau dimasukkan kedalam komputer atau laptop agar bisa dilihat oleh orang yang memasang webcam tersebut.



Perangkat Lunak (software)


Perangkat komputer lunak (software) merupakan sebuah perangkat yang bentuk atau wujudnya tidak bisa dipegang dikarenakan dalam bentuk digital. Sebenarnya perangkat lunak di sebuah komputer itu sangat banyak sekali, namun disini saya akan jelaskan inti dari semua jenis perangkat lunak tersebut, berikut perangkat komputer lunak (software) antara lain :


Aplikasi


Perangkat lunak (software) yang pertama adalah aplikasi yang dimana aplikasi itu sendiri ada berbagai macam, seperti aplikasi browsing, aplikasi antivirus, aplikasi pemrograman, dll yang fungsinya untuk membantu menyelesaikan pekerjaan yang diperlukan oleh sang user.


Sistem Operasi


Merupakan sebuah perangkat komputer lunak (software), yang fungsinya agar kita sang user bisa mengoperasikan komputer yang kita gunakan, seperti contoh sistem operasi yang paling populer yaitu windows, ubuntu, linux, mac os, dll. 


Driver


Salah satu perangkat komputer lunak (software) yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat keras dengan komputer agar dapat bekerja dengan baik.









Inspirasi Dari :

wendyandriyan.blogspot.co.id
nesabamedia.com
desipencintailmu.blogspot.co.id
https://id.wikipedia.org




No comments:

Post a Comment