2 Cara Memperbaiki Baterai Laptop Yang Cepat Habis

2 Cara Memperbaiki Baterai Laptop Yang Cepat Habis
Cara Memperbaiki Baterai Laptop Yang Cepat Habis - Halo teman-teman jumpa lagi dengan saya ryan putra anugrah yang kali ini akan membahas tentang cara memperbaiki baterai laptop yang cepat habis yang memang ada begitu banyak orang yang mengeluh tentang permasalahan semacam ini, dengan mempraktekkan cara memperbaiki baterai laptop yang cepat habis ini, diharapkan bisa memperbaiki dan mengatasi baterai laptop kamu yang sering sekali cepat habis.








Sistem Kerja Baterai


Pada dasarnya laptop itu memiliki kelebihan daripada komputer, yaitu terletak pada baterainya. Untuk komputer, tidak mempunyai baterai sehingga saat ada sebuah pemadaman listrik yang tiba-tiba itu akan mematikan secara langsung komputer, selain berakibat fatal pada tugas-tugas sekolah atau pun file file penting yang baru dikerjakan tapi belum disave menjadi hilang, komputer pun bisa cepat rusak karena dimatikan paksa akibat terputusnya listrik.

Berbeda dengan baterai laptop yang memiliki sebuah baterai, untuk menghemat daya perangkat canggih tersebut. Dahulu ada rumor yang mengatakan kalau baterai laptop yang terlalu lama di isi dayanya atau dicharge maka akan membuat baterai tersebut kembung. 

nfo itu sebenarnya benar untuk laptop-laptop dijaman dulu yang jika baterainya dicharge terlalu lama bisa mengakibatkan kembung, berbeda dengan baterai laptop dijaman sekarang jika kita terus mengisi daya baterai pada laptop hingga penuh dan bahkan terus mengisinya, maka baterai tersebut tidak akan kembung, dikarenakan listrik yang mengalir di baterai akan diarahkan ke laptop secara langsung, jadi tidak perlu khawatir lagi baterai laptop bisa menjadi kembung.




Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis



1.) Suhu Baterai Yang Panas


Ketahuilah salah satu penyebab baterai laptop cepat habis, adalah suhu baterai yang terlalu panas, dikarenakan kinerja laptop yang sedang berjalan terlalu maksimal hingga membuat laptop dan komponen-komponen pada laptop tersebut menjadi panas, termasuk salah satunya yaitu baterai pada laptop.

Jika baterai pada laptop dalam keadaan panas, maka dapat menyebabkan kerusakan pada bagian dalam baterai sehingga menyebabkan baterai laptop cepat habis.


cara menghindari Baterai Yang Panas


- Jangan bermain laptop terlalu lama tanpa adanya pendingin apapun didalam ruangan.
- Jangan bermain laptop di suhu ruangan yang panas seperti di keramik yang terkena sinar matahari dalam waktu lama
- Jangan Bermain game yang terlalu berat, karena game yang berat apalagi melebihi batas spesifikasi, bisa membuat kinerja processor dan komponen komputer lainnya berkerja terlalu maksimal sehingga dapat menyebabkan kepanasan laptop dengan cepat



2.) Penggunaan Perangkat Yang Tidak Perlu


Jika kamu sedang menggunakan laptop kamu untuk keperluan biasa seperti bermain game atau browsing internet, maka paling tidak kamu harus mencabut terlebih dahulu perangkat-perangkat yang tidak kamu gunakan seperti printer dan beberapa perangkat lainnya, termasuk perangkat mouse yang memiliki lampu yang bernyala-nyala karena itu akan semakin mempercepat baterai laptop kamu menjadi habis.

Cobalah untuk mengganti mouse kamu dengan mosue yang biasa saja tanpa adanya penggunaan listrik yang begitu banyak pada mosue.


3.) Monitor Laptop Terlalu Terang


Tingkat keterangan cahaya pada sebuah laptop juga dapat mempengaruhi baterai laptop cepat habis, hal ini dikarenakan tingkat terang pada cahaya di monitor laptop bisa banyak menghabis daya listrik hanya untuk menerangkan sebuah monitor laptop.

Guankanlah penerangan dengan sebaik mungkin, gunakan saja penerangan jika memang sedang dalam keadaan terang menderang yang membuat kita melihat laptop kita menjadi sulit diakibatkan gelapnya penerangan laptop.


4.) Volume Laptop Yang Terlalu Nyaring


Salah satu penyebab baterai laptop cepat habis selanjutnya adalah, volume laptop yang terlalu nyaring. Sebaiknya hindari hal semacam ini, karena volume itu memakan daya baterai begitu besar apalagi jika terlalu nyaring.

Usahakan untuk memakai sebuah headset dalam menghindari nyaringnya volume di laptop, kecuali jika memang diperlukan untuk keperluan tertentu yang mengharuskan volume pada laptop menjadi sangat tinggi.


5.) Pantau Kinerja Aplikasi Di  Laptop kamu


Pada saat laptop sedang masuk ke sistem operasinya kamu harus memantau apa saja aplikasi yang sedang bekerja dan berapa memory yang terkuras jika aplikasi tersebut berjalan.

Jika di sistem operasi windows, kamu bisa menggunakan task manager atau pun starup untuk memonitoring laptop kamu dari aplikasi-aplikasi yang memberatkan untuk dijalankan, karena jika aplikasi yang terlalu banyak dan berat berjalan, dapat membuat baterai laptop cepat habis.


6.) Sering Lepas Baterai Saat Laptop Mencharge


Fenomena ini sering sekali saya lihat dengan mata kepala saya sendiri, yang dilakukan oleh teman-teman sekelas saya. Entah karena mereka takut baterai laptop mereka kembung atau apa, tapi yang jelas mulai sekarang hal ini harus di hindari, karena seperti yang saya bilang sebelumnya baterai laptop itu tidak akan kembung kok, dan efek sampingnya jika memakai laptop lalu tiba-tiba listrik PLN padam, maka yang kena imbasnya laptop kamu juga.

Cara Memperbaiki Baterai Laptop Cepat Habis 1



- Pastikan kamu mematikan semua aplikasi yang kamu jalankan pada saat baterai kamu sisa 5% atau sedikit lebih dari itu

- Biarkan laptop kamu mati dengan sendirinya

- Isi kembali baterai laptop kamu hingga penuh seperti biasa

- Cobalah hidupkan laptop kamu kembali seprti biasa juga, dan perhatikan baterainya saat kamu melepas charge laptop kamu.



Cara Memperbaiki Baterai Laptop Cepat Habis 2



 Aku tau cara ini memang sedikit ekstrim, tapi banyak yang berkata teknik ini ampuh untuk memperbaiki baterai laptop cepat habis. Berikut Cara Memperbaiki Baterai Laptop Cepat Habis (Part 2) :


- Masukkan baterai kamu kedalam plastik terlebih dahulu, pastikan terbungkus dengan benar-benar rapat

- Lalu masukkan kedalam kulkas pendingin atau freeze lalu diamkan baterai tersebut disana dalam waktu minimal 2 hari

- Setelah selesai Di didamkan di freeze, angkatlah baterai kamu lalu lepas bungkusnya, lalu lap terlebih dahulu baterai tersebut hingga kering

- Jika sudah kering dan suhu pada baterai tersebut sudah tidak dingin seperti sebelumnya di freeze, maka cobalah pasang di laptop kamu, dan charge saat laptop dalam keadaan mati hingga daya pada baterai tersebut penuh (full)



Demikianlah Cara Memperbaiki Baterai Laptop Yang Cepat Habis, untuk cara yang terakhir saya juga kurang begitu yakin, karena ini merupakan rumor dari beberapa website yang saya kunjungi. Jadikan saja cara ekstrim (memasukkan ke freeze) itu cara terakhir jika memang cara-cara diatas sudah tidak mempan.

Semoga saja baterai laptop teman-teman semua tidak cepat habis lagi ya...



Inspirasi Dari :

berguruseo.blogspot.com
www.infokubagus.com

No comments:

Post a Comment