Cara Mengatasi Laptop/Komputer Yang Cepat Panas Overheat

Cara Mengatasi Laptop/Komputer Yang Cepat Panas Overheat
Cara Mengatasi Laptop Komputer Yang Cepat Panas Overheat - Terkadang saat kita sedang bermain game, laptop atau komputer kita sering mengalami hang tiba-tiba atau termati sendiri diakibatkan terlalu panas, entah itu bagian dalam yang menyebabkan panasnya laptop atau memang pengaruh dari lingkungan sekitarnya.









Cara Mengatasi Laptop Yang Overheat (Cepat Panas)


1.) Bersihkan Debu Bagian Dalam Laptop


Laptop yang sangat jarang dibersihkan, bahkan hanya sekali dalam 3 bulan, waah itu parah banget.. debu yang menempel pada bagian dalam laptop kamu yaitu heatsink fan akan terhambat dan membuat kinerja kipas angin tersebut dapat melambat hingga membuat tingkat suhu panas pada processor semakin meningkat dan menyebabkan laptop atau komputer tersebut overheat.

Lakukanlah pembersihan pada bagian dalam laptop mulai dari keyboard, dan lainnya, terutama yang paling penting adalah bagian heatsink fan, paling tidak kamu melakukan ini 1 bulan sekali untuk memastikan terjaganya kinerja pada heatsink fan kamu.

2.) Pasang Lagi Pasta Di Processor


Kemungkinan selanjutnya adalah pada salah satu bagian processor yaitu pastanya, yang berfungsi untuk mendinginkan processor dari jarak yang sangat dekat yaitu menempel pada processor itu sendiri agar suhu pada processor bisa dengan cepat menurun jika pengipasan heatsink fan dibantu dengan pasta di processor itu sendiri.

Untuk memasangnya pastikan terlebih dahulu pasta pada processor kamu sudah kering atau memang sudah habis lapisannya yang terpasang diprocessor, karena jika masih ada sebaiknya jangan dipaksakan untuk menambahkan pasta lagi pada processor tersebut (lakukan saja cara ini jika memang pasta pada processor sudah kering).



3.) Pakai Colling Pad


Alat teknologi dijaman sekarang ini, berfungsi menurunkan suhu pada laptop dengan cepat  dan mudah digunakan seperti kipas angin pada umumnya yang dipakai sebagai sanggahan laptop.


4.) Bermainlah Disuhu Ruangan Yang Dingin


Faktor lainnya yang menyebabkan panas pada laptop atau komputer semakin meningkat adalah pada lingkungan sekitarnya termasuk suhu yang ada pada ruangan dimana laptop itu diletakkan.

Seperti misalnya, keramik yang panas, atau sedang berada pada lingkungan matahari yang sangat terik dan panas, tentunya menggunakan laptop disaat seperti itu akan sangat tidak baik untuk kinerja laptop itu sendiri, serta dapat menyebabkan overheat.


5.) Bermainlah Game Yang Sewajarnya


Game yang tidak dapat memenuhi spesifikasi, namun game tersebut masih bisa dimainkan maka sebaiknya hindari game semacam itu, memang terkadang ada game yang spesifikasinya tidak sesuai dengan laptop yang kita punya, namun saat didownload dan diinstal ternyata bisa dimainkan.

Akan tetapi konsekuensinya kalau laptop tidak cepat hang, atau bermain gamenya menjadi lemot, laptop kau bisa mengalami overheat atau cepat panas saat memainkannya.


6.) Manajemen Suhu Laptopmu


Ada aplikasi atau software di internet yang dapat memanajemen suhu pada laptop kamu, termasuk itu pada processor, heatsink fan,dan perangkat keras lainnya yang mudah panas, mengaturnya dan memantaunya agar kita selalu bisa dengan cepat mengetahui berapakah suhu laptop atau komputer kita saat ini.


Itulah Bagaimana cara mengatasi laptop atau komputer yang cepat panas atau overhat, jika dalam artikel ini ada kekurangan mohon dimaafkan, Mari kita belajar bersama.

No comments:

Post a Comment