Cara Memperbaiki Hard Disk Bad Sector Terampuh

Cara Memperbaiki Hard Disk Bad Sector Terampuh

Cara Memperbaiki Hard Disk Bad Sector Terampuh - Bad sector adalah sebuah kerusakan pada harddisk sehingga tidak dapat digunakan untuk penyimpanan data-data, yang penyebabnya bisa terjadi karena daya listrik yang mati secara tiba-tiba (oleh karena itu jangan sering matikan laptop atau komputer di tombol powernya, tapi di shutdown saja), guncangan atau getaran yang berlebihan, dan hal lainnya yang dapat merusak harddisk.










Cara Mencegah Hard Disk Bad Sector 



1.) Usahakan Jangan Sampai Tergetuk atau terbentur


Laptop atau komputer yang sedang kamu gunakan tersebut, usahakan untuk tidak sampai terbentur benda lain seperti tergetuk di lantai, atau bahkan terjatuh ke lantai, hal-hal semacam ini harus bisa dihindari mengingat jika kamu ingin mencegah terjadinya bad sector pada harddisk kamu.


2.) Defrag Hard disk kamu



Ada begitu banyak aplikasi untuk mendefrag hard disk yang ada di komputer atau laptop kamu yang bisa kamu cari di internet. Dengan sering melakukan defrag, akan mencegah kerusakan yang sering terjadi pada hard disk (bad sector), dan menyusun file-file pada harddisk dengan baik.

3.) Gunakan Power Supply Yang Baik



Dengan menggunakan sebuah power supply yang baik, diharapkan bisa mencegah terjadinya mati daya listrik secara tiba-tiba seperti yang sudah saya jelaskan diatas sebelumnya, karena jika sering terjadi mati daya tiba-tiba memungkinkan besarnya resiko hard disk terkena bad sector.


4.) Matikan PC/Laptop Dengan Shutdown


Jangan kebiasaan mematikan sebuah pc atau laptop kamu dengan cara langsung menekan tombol powernya hingga mati, Hal ini juga dapat menyebabkan harddisk bad sector, karena harddisk secara tiba-tiba langsung menghentikan kinerjanya. Cobalah untuk mematikan pc atau laptop dengan shut down saja melalui sistem operasi yang digunakan.



Cara Memperbaiki Hard Disk Bad Sector Terampuh



Cara Memperbaiki Hard Disk Bad Sector Terampuh


1.) SpinRite


Cara perbaiki hard disk bad sector yang pertama adalah dengan menggunakan spinrite. Aplikasi ini memiliki fungsi untuk mengembalikan data-data yang menghilang, setelah dihilangkan data-data saat hard disk tersebut diperbaiki bad sectornya, selain itu aplikasi ini support dengan banyak sistem operasi, seperti linux, windows, dan beberapa sistem operasi lainnya.
Untuk Download Aplikasinya Disini




2.) SeaTools


Seatools adalah aplikasi yang digunakan untuk memperbaiki hard disk yang mengalami bad sector, namun saat proses perbaikan kemungkinan besar data-data kamu bisa rusak, sehingga kamu harus membackup terlebih dahulu semua data yang ada di harddisk kamu sebelum melakukan perbaikan ini.
Untuk Download Aplikasinya Disini


3.) HDD Bad Sector Repair 


Berbeda dengan aplikasi untuk memperbaiki harddisk bad sector lainnya, aplikasi ini akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu terhadap hard disk kamu, apakah kerusakan yang terjadi, dan hal lainnya yang akan diperiksanya, barulah dia melakukan perbaikan.
Untuk Download Aplikasinya Disini


4.) HDD Low Level Format Tool 


Sama seperti aplikasi memperbaiki harddisk bad sector pada umumnya, aplikasi ini memiliki fungsi untuk menghapus semua data yang ada di harddisk dan mengembalikan keadaan harddisk di komputer atau laptop kamu seperti semula, disarankan sebelum menggunakannya harus menyimpan data terlebih dahulu ke flashdisk atau media penyimpanan lain, asalkan jangan diharddisk yang kamu ingin perbaiki.
Untuk Download Aplikasinya Disini


5.) HDD Generator


Saya rasa aplikasi ini cukup bagus untuk kamu yang ingin memperbaiki harddisk yang bad sector, karena selain aplikasi ini dapat memperbaiki harddisk yang bad sector, aplikasi ini juga tidak akan mempengaruhi file-file yang ada didalamnya, sehingga tidak akan menimbulkan kerusakan atau menghilangnya file yang ada di harddisk kamu.
Untuk Download Aplikasinya Disini


6.) Software Recovery


Sebenarnya fungsi aplikasi ini lebih kepada mengembalikan data atau file yang hilang pada harddisk, setelah kamu memperbaiki harddisk dan ada data yang lupa diambil lalu terhapus, dengan aplikasi ini kemungkinan data tersebut dapat kembali lagi.
Untuk Download Aplikasinya Disini


Itulah tadi beberapa aplikasi yang dapat memperbaiki harddisk bad sector, jika dalam artikel ini ada kekurangan mohon dimaafkan ya, dan bagi teman-teman yang ingin membantu, bisa sebarkan artikel ini ke sosial media teman-teman, agar blog ini semakin ramai, jika blognya semakin ramai saya semakin semangat menulis di blog ini.

Sekian, Terima Kasih






Inspirasi Dari :

https://jalantikus.com/
jagad-enjang.blogspot.co.id
www.hanamera.com/
www.kaskus.co.id
amd-dashboards.blogspot.co.id






No comments:

Post a Comment